Pages

Selasa, 11 Oktober 2011

PRINSIP-PRINSIP DASAR GERAKAN PALANG MERAH–BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah mempunyai Prinsip-prinsip Dasar yang dijadikan pedoman, terutama dalam mewujudkan pengabdian dan pembinaan organisasi. Prinsip-prinsip Dasar, yang sudah mulai digarasikan pada tahun 1863 dan selalu mengalami penyempurnaan, pada Konperensi Internasional Palang Merah–Bulan Sabit Merah di Wina (Austria) tahun 1965, barulah ditetapkan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu:

KEMANUSIAAN :

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional didirikan berdasarkan keinginan untuk memberikan pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka di medan perang, berupaya dalam kemampuan bangsa dan antar bangsa, mencegah dan mengatasi penderitaan sesama manusia. Palang Merah dan Bulan Sabit Merah menumbuhkan rasa saling pengertian, persahabatan, kerjasama dan perdamaian abadi bagi sesama manusaia.

KESAMAAN :

Gerakan ini tidak mengadakan perbedaan atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama / kepercayaan, tindakan atau pandangan politik. Tujuannya hanya semata-mata mengurangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhan dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

KENETRALAN :

Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, kesukuan, agama atau idiologi.

KEMANDIRIAN :

Gerakan ini bersifat mandiri, Perhimpunan Nasional, disamping membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan, juga harus menataati peraturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

KESUKARELAAN :

Gerakan ini adalah gerakan pemberi bantuan sukarela, yang tidak disadari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apapun.

KESATUAN :

Di dalam suatu Negara hanya ada satu Perhimpunan Palang Merah atau Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah.

KESEMESTAAN :

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional bersifat semesta. Setiap perhimpunan mempunyai hak dan tangguang jawabyang sama dalam menolong sesama manusia.

0 komentar:

Posting Komentar